Minggu, 08 Juli 2012

Mendiagnosis Kerusakan Hardware pada PC

Saat menggunakan PC kita sering mengalami troubleshooting atau permasalan dalam pengoperasian PC. Untuk memperbaikinya, kita perlu mendiagnosis dulu kerusakan apa yang terjadi pada PC, yaiu :
1. PC mati
  • Pada keadaan ini pastikan bahwa kabel power terpasang dengan baik dan tersambung dengan sumber listrik
  • Nyalakan PC, apabila power supply hidup berarti powersupply dalam keadaan baik.
  • Jika setelah PC dinyalakan tetapi masih belum memperlihatkan tanda-tanda kehidupan, cek apakah :
  1. Kabel VGA dan kabel power monitor terpasang dengan baik. 
  2. Mother board nyala. Untuk mengecek apakah motherboard nyala atau tidak, cek apakah lampu LED pada motherboard menyala atau tidak, jika tidak ada lampu LED, lepaskan RAM. Jika terdengar bunyi beep berarti motherboard dinyatakan menyala karena motherboard berhasil mendeteksi komponen yang kurang. Lalu pasang RAM kembali. Jika masih belum menyala lepas RAM dan bersihkan RAM dengan penghapus kemudian pasang pada slot RAM yang lainnya.
2.  CPU Over Temperature
Dalam keadaan ini biasanya ada kesalahan pada saat pemasangan headsing, pastikan heatsing terpasang dengan baik dan kuat. Jika masih seperti itu kemungkinan processornya rusak. Dan juga pastikan tidak ada kabel yang menyentuh kipas hetsing, karena jika ada kabel menyentuh kipas hetsing akan membuat putaran kipas hetsing berkurang dan processor jadi panas.
3. CPU menyala tetapi tidak ada respon
Dalam hal ini kasusnya adalah motherboard menyala tetapi tidak ada respon. Biasanya dalam kasus ini terjadi kerusakan pada RAM jika ada indikasi kalau VGA masih bagus. Untuk mengatasinya lepas RAM lalu bersihkan dengan penghapus, setelah itu pasang RAM pada slot lainnya. Jika setelah itu masihbelum menyala juga, kemungkinannya adalah RAM rusak atau slot RAMnya yang rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar